West Java Conference Pathfinder & Adventurer Camporee 2010 “Trained to be the soldiers of God”

Awal bulan September 2010, tepatnya tanggal 3-5 September 2010, Departemen Pemuda Advent Konferens Jawa Barat menyelenggarakan perkemahan untuk Pathfinder dan Adventurer. Kegiatan perkemahan  diadakan di Natural Hill, Cisarua, Lembang, lokasi yang sangat indah dengan udara yang segar  dan tidak  jauh dari UNAI.  Ini merupakan kali pertama perkemahan Pathfinder bergabung dengan Adventurer, rentang usia yang sangat berbeda dari segi peserta, dari usia 6-9 tahun Adventurer dan 10-15 tahun Pathfinder bergabung bersama dalam satu lokasi berkegiatan bersama.

Jumat, 3 September 2010.

Peserta perkemahan sudah mulai berdatangan ke lokasi sejak pukul dua siang, kehadiran para peserta yang langsung melakukan proses pendaftaran ulang, diterima langsung oleh MG Anita dan MG Lian, ada 14 jemaat yang bergabung dalam perkemahan tersebut, dengan jumlah peserta mencapai 425 peserta.  Setiap peserta yang hadir dibagikan name tag yang berbeda warnanya, dari perbedaan warna tersebut akan bergabung dalam satu kelompok berdasarkan warnanya.

Selanjutnya dilakukan upacara pembukaan perkemahan, meskipun sedikit terlambat dari jadwal yang disiapkan, tetapi upacara pembukaan dapat berjalan baik dengan dikoordinasi oleh MG Iswandy Turu Allo, sebagai Pembina upacara adalah MG. Pdt. KR Sagala, Dir. PA. UIKB, dalam sambutannya memberikan semangat dan tantangan bagi para peserta  perkemahan sekaligus membuka perkemahan tersebut. Dalam upacara pembukaan perkemahan ini pun berkenan hadir Ketua Konferens Jawa Barat, Pdt. S. Tjakrapawira memberikan sambutan  dengan Sekretaris Konferens, Pdt. D. Silitonga.

Selesai upacara langsung disambut dengan kebaktian buka Sabat, Pathfinder jemaat Pondok Mas mengambil bagian memberikan firman pada perbaktian ini, salah satu tujuan dari perkemahan ini adalah untuk meningkatkan peran aktif dari para orang muda dalam kegiatan-kegiatan di gerejanya. Setelah kegiatan buka Sabat, dilanjutkan dengan kelas khusus mengenai perbintangan yang dimulai jam tujuh malam dan pengenalan lagu tema perkemahan yakni lagu “Laskar Kristus”, kelas perbintangan ini menghadirkan pemateri dari Observatorium  Bosscha.  Pada pemberian materi ini kelas dibagi dua, Adventurer dan Parhfinder diberikan materi yang berbeda, sesuai dengan tingkat pemahamannya.

Pukul sembilan  malam, seluruh peserta kembali ke tenda untuk menikmati istirahat malam, dan mempersiapkan diri mengikuti kegiatan pada keesokan harinya.

Sabat, 4 September 2010

Kegiatan pada Sabat pagi dimulai dengan worship yang dilakukan di tiap-tiap kavling jemaat. Jam pada pukul delapan pagi kegiatan dimulai, untuk Adventurer ada kegiatan Bible Story class, yang dilakukan sesuai dengan warna-warnanya, Bible Story diadakan untuk lebih  mengenalkan mengenai cerita-cerita Alkitab kepada adik-adik Adventurer dengan cara yang disukai oleh adik-adik  tersebut, ada kelas mengenai penciptaan, Samuel, Daniel dan Ester.

Sementara  untuk Pathfinder ada kelas-kelas mengenai Pelayanan Jangkauan Keluar, dengan materi kelas Penatalayanan, Pertarakan dan Remaja Bersaksi yang diberikan oleh kakak-kakak master guide dari Jemaat UNAI yang sebagian besar merupakan calon pendeta. Kelas ini diadakan  untuk mengenalkan mengenai konsep penatalayanan dan pertarakan kepada usia pathfinder dan mengajak para pathfinder aktif bersaksi.  Pukul sebelas siang seluruh peserta Pathfinder, Pembina dan para tamu berkumpul bersama di aula untuk mengikuti perbaktian Khotbah di Sabat Siang dengan pembicara tamu MG. Pdt. S. Hutagalung yang merupakan dosen UNAI, dalam khotbahnya, yang berjudul  Trained to be the Soldiers of God, sesuai dengan tema perkemahan, beliau memberikan contoh-contoh prajurit-prajurit dalam alkitab yang bisa menjadi contoh bagi para Pathfinder, menjadikan semangat dan motivasi bagi para Pathfinder untuk bisa menjadi pelayan bagi kemajuan nama Tuhan.

Selesai kebaktian, para peserta mempersiapkan diri untuk makan siang dan melakukan parade protokol pada  jam satu siang. Pada parade protocol ini setiap club jemaat melakukan parade dan yel-yel di hadapan para peninjau dan penilai. Ada jemaat yang menggunakan perlengkapan yang unik pada parade tersebut ada juga yang menggunakan pakaian daerah. Selesai parade ada sambutan dari Dir PA KJB, dir Pathfinder,Adventurer dan ketua Panitia. Selanjutnya song signing dari Adventurer jemaat Naripan dan diakhiri dengan Atraksi PBB Variasi dari Pathfinder yang merupakan gabungan dari beberapa club jemaat yang sama-sama bersekolah di SMA Perguruan Advent Bandung (PAB)  di bawah koordinasi dan latihan oleh MG. Nico Simbolon.. Atraksi PBB variasi ini merupakan salah satu pengenalan bagi club-club jemaat, sehingga pada event-event berikutnya dapat dilakukan oleh setiap jemaat. Meskipun cuaca panas, tetapi tidak mengurangi semangat para peserta dan juga penampil atraksi.

Pada pukul tiga sore, Adventurer mengikuti kelas-kelas sesuai dengan kelas di jemaatnya seperti lebah rajin,sinar matahari, pembangun dan tangan menolong, dan pada pukul setengah lima dilanjutkan dengan kelas melukis bersama dengan kak Patricia Saerang, yang juga memberikan inspirasi bagi para adventurer. Sementara itu Pathfinder menikmati alam sambil belajar mengenai alam dengan berjalan mengelilingi lokasi di belakang lokasi perkemahan yang sangat indah, namun hujan turun sehingga tidak dapat dieksplorasi sepenuhnya. Kebaktian tutup Sabat bergabung bersama di Aula dengan pembicara            Pdt. S. Nappoe, Dir PA KJB.

Pada malam harinya, acara malam minggu dilakukan acara Anak Indonesia Mencari Bakat, dengan pemimpin acara Kak Iwan Saputra dan Kak Kathreen Sitanggang, dengan dewan juri Kak Andry Suwandi, Kak Lorraine Lessiasel dan Kak Lia Tjakrapawira. Penampilan para peserta sangat menarik dimulai dengan tarian dari tanah Batak yang ditampilkan oleh jemaat Subang, musikalisasi drama oleh jemaat Cicaheum, Chicken Dance dan ensemble jemaat Pakusarakan,  untuk sesi pertama, setiap sesi penampilan diacak oleh juri.

Sesi berikutnya merupakan bagian dari jemaat pondok mas, cihampelas, naripan, hulahup maranatha, tari bali parompong dan diakhiri dengan UNAI. Peserta yang hadir sangat antusias dengan penampilan dari teman-temannya pada “Anak Indonesia Mencari Bakat” malam itu. Setelah penampilan terakhir para peserta beristirahat mempersiapkan diri mengikuti kegiatan pada hari terakhir.

Minggu, 5 September 2010

Kegiatan di minggu pagi dimulai dengan renungan pagi bersama, sebagai pembicara adalah Pathfinder dari jemaat UNAI, Vian Widijanto, semua yang bertugas adalah pathfinder beserta adventurer. Setelah itu MG Jeffrey Purba memimpin stretching agar badan hangat pagi itu. Persiapan kegiatan pagi itu menjadi lebih menarik sebab MG Dadan Wahyu menemani lewat announcing dan sms pesan-pesan yang membuat kegiatan lebih bersemangat.

Kegiatan hari itu untuk Pathfinder adalah team buildings, games and class, dimana tiap kelompok warna akan melewati enam pos yang berisi games, team building dan pengenalan untuk kelas kepahaman keterampilan rumah seperti mencuci pakaian, mencuci piring, menjahit, memasak dan menyetrika pakaian. Adventurer ada games, kelas bersama pak polisi dan jelly cooking fun.

Semua kegiatan hari itu diakhiri dengan penuh sukacita, pada upacara penutupan siangnya dengan Pembina upacara MG Pdt. Slamet Nappoe, Dir PA KJB, diberikan juga penghargaan terhadap seluruh peserta berdasarkan penilaian-penilaian terhadap kebersihan tenda, kegiatan-kegiatan dan akivitas dari seluruh peserta, baik pathfinder maupun adventurer. Sebagai juara umum adalah club jemaat Pondok Mas.

Panitia mengucapkan syukur kepada Tuhan  Yesus Kristus atas terselenggaranya dengan baik perkemahan Pathfinder dan Adventurer KJB 2010 ini, kepada seluruh donatur atas bantuan dari segi dana juga seluruh peserta dan partisipan acara perkemahan ini, semoga di tahun-tahun mendatang dapat menyelenggarakan perkemahan yang lebih baik lagi. Semoga perkemahan ini bukan hanya  kegiatan sesaat tetapi bisa menjadi inspirasi dan semangat setiap jemaat untuk lebih mengembangkan kegiatan kepemudaan di jemaatnya..

Sampai bertemu di perkemahan tahun-tahun berikutnya.. Tuhan memberkati.

Oleh: MG Nico Halomoan Simbolon, TK Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s