menandai ulang tahun Gereja Advent ke 150

Sebagai Advent Hari Ketujuh  Gereja mempersiapkan  untuk menandai 150 tahun dari nama denominasi itu pada tanggal 1 Oktober, pemimpin mendesak anggota untuk mencerminkan pada makna nama dan dampak yang mereka buat dalam komunitas lokal mereka.
Ketika bertemu pelopor gereja pada tahun 1860 untuk nama gerakan mereka, David Hewitt memperkenalkan nama “Seventh Day Adventist,” yang menjadi nama pekerjaan penerbitan, dan akhirnya gereja itu sendiri. [Foto courtesy White Estate]

Itu adalah tahun 1860 saat pertemuan perintis di Battle Creek, Michigan memilih nama untuk sebuah gerakan yang telah sekitar 2.500 pengikut di Timur Laut Amerika Serikat dan Kanada tenggara. Hari ini, gerakan yang memiliki lebih dari 16 juta anggota dewasa dibaptis dan mengoperasikan jaringan sekolah dan rumah sakitProtestan terbesar  di seluruh dunia.

Mengenai pemilihan nama,  pendiri Gereja Advent Ellen White kemudian menulis, “Nama Masehi Advent Hari Ketujuh membawa fitur yang sejati dari iman kita di depan, dan akan berfikir untuk bertanya.”

“Hari Ketujuh” mengacu pada hari denominasi  ibadah, diambil dari Perintah Tuhan yang Keempat dalam kitab Keluaran. “Advent” mengacu pada Kedatangan Yesus yang Kedua kali.

“Saya pikir nama itu telah digunakan selama bertahun-tahun dengan cara yang sangat positif karena anggota-anggotanya telah memutuskan untuk membuat perbedaan di sini dan sekarang dalam mengantisipasi Kedatangan Kedua,” ujar Jim Nix, ketua dewan Advent Departemen Heritage, sebuah perusahaan gereja bahwa mempertahankan situs sejarah kelompok keagamaan.

Nix, siapa yang menyusun peringatan ulang tahun, mengatakan dia berharap anggota akan menghabiskan waktu pada hari Sabat, 2 Oktober mencerminkan apa artinya untuk melanjutkan warisan para pemimpin mengambil nama pada tahun 1860. Selain itu, ia mendesak anggota untuk mempertimbangkan apa perbedaan nama ini membuat dalam komunitas mereka.

“Aku takut jika beberapa gereja Advent tertutup, tidak akan ada pemberitahuan,” kata Nix. “Beberapa orang mungkin tidak menyukai kesimpulan itu, tapi kalau itu kasus mungkin mereka bisa memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk membuat perbedaan nyata dalam area lokal mereka.”

Meskipun nama itu muncul untuk menggambarkan gereja, awalnya dipilih untuk pekerjaan penerbitan gerakan awal. Pada tahun 1860, pemimpin mengadakan rapat umum, yang membawa bersama 25 menteri, dengan  pendiri gereja James White mendesak pembentukan sebuah organisasi yang secara hukum bisa memiliki rumah penerbitan. Tanpa nama hukum, namun, bisa menyelesaikan sedikit.

Banyak yang menyukai usulan  “Gereja Allah,” termasuk Ny. White, tetapi beberapa segera menyimpulkan nama itu sangat lancang . Selain itu, gerakan lainnya sudah menggunakan nama itu.

David Hewitt, seorang penduduk Battle Creek , kemudian diperkenalkan dan secara resmi mengusulkan nama “Masehi Advent Hari Ketujuh,” yang akan datang ke merek tidak hanya bekerja di bidang penerbitan, tetapi gerakan itu sendiri.

Nix mengatakan dia bangga menjadi bagian dari gerakan 150 tahun. “Anda pergi ke sebuah reuni keluarga dan Anda semua merasakan rasa kebanggaan Kita semua anggota Advent Hari Ketujuh,. Dan itulah nama keluarga rohani saya,” katanya.

“Gereja ini telah melakukan beberapa hal besar selama 150 tahun terakhir. Mari kita gunakan ulang tahun ini untuk memikirkan bagaimana kita bisa berbuat lebih banyak,” kata Nix.

sumber : ANN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s